Selasa, 07 Februari 2017

Biografi singkat seorang jenius Leonardo da Vinci

 Leonardo Da Vinci
Image result for leonardo da vinci

leonardo da vinci lahir di vinci, provinsi firenze, italia pada 15 april 1452 dan meninggal pada umur 67 tahun di paris, 2 mei 1519. Leonardo da Vinci adalah seorang arsitek, musisi, penulis, pematung dan pelukis renaisans italia. Ia di gambarkan sebagai arketipe "manusia renaisans" dan sebagai jenius universal.
Leonardo terkenal karena lukisannya yang piawai, seperti jamuan terakhir dan monalisa. Leonardo merupakan anak dari ser piero da vinci dan caterina. pada usia belia, Leonardo sudah belajar melukis dengan Andrea del verrocchio dan mulai melukis di firenze.
pada 1481 Leonardo pindah ke milan untuk bekerja dengan adipati di sana. lalu ia bekerja untuk raja Louis xii dari perancis di milan dan untuk paus leo x di roma. Sementara itu ia juga membantu Raphael dan michaelangelo dalam merancang katedral santo petrus.
dalam hidupnya leonardo sangat tertarik pada ilmu pengetahuan. ia mulai mempelajari burung terbang dan mulai merancang mesin terbang. pemikirannya itu terdapat dalam buku catatannya stebal 7000 halaman.di dalam buku itu juga terdapat sketsa tentang studi tubuh manusia, pada zamannya itu, hal ini memberikan kontribusi yang sangat besar bagi dunia kedokteran.
Mahakaryanya, jamuan terakhir pada 1495 sampai 1497 yang di lukis di dinding biara santa maria di milan, kini telah rusak akibat di makan waktu. lukisan terkenal lainnya adalah monalisa yang kini terdapat di museum louvre paris.
Leonardo da vinci wafat di Clos luce, perancis pada tanggal 2 mei 1519, dan di makamkan di kapel st.Hubert di  kastol Amboise, perancis

6 komentar: